Memanfaatkan fitur cPanel Resellers pada CSF

Seluruh pengguna server cpanel tentunya sudah mengenal plugin CSF atau ConfigServer Security & Firewall. Terdapat fitur untuk memberikan hak kepada akun reseller anda agar dapat melakukan unblok IP, allow IP dan Deny IP. Fitur ini sebenarnya sudah lumayan laman dihadirkan oleh CSF, namun baru kali ini saya sempat berbagi.

Berikut ini sedikit penjelasan dan cara penggunaan cPanel Resellers. Klik Plugin >> ConfigServer Security & Firewall pada WHM root anda, lalu turun kebawah mencari fitur csf.resellers seperti gambar dibawah ini:

Berikut ini perintah dasar penggunaan fitur csf.reseller:

# USE        – Reseller akan mendapatkan akses ke plugins CSF
# UNBLOCK    – Reseller akan mendapatkan akses untuk unblock IP
# GREP       – Reseller akan mendapatkan akses untuk mencari IP
# ALLOW      – Reseller akan mendapatkan akses untuk Allow IP
# DENY       – TReseller akan mendapatkan akses untuk block atau deny IP

Cara penggunaannya sangat mudah, dengan menginputkan data username reseller beserta perintah diatas. Misalkan:


usernya:1:USE,ALLOW,DENY,UNBLOCK

Artinya, memberikan hak kepada user usernya untuk dapat melakukan allow IP, deny IP dan unblok IP serta mengirimkan email ke root.

usernya:0:USE,ALLOW,DENY,UNBLOCK

Artinya, memberikan hak kepada user usernya untuk dapat melakukan allow IP, deny IP dan unblok IP namun tidak mengirimkan email ke root. Tambahkan baris kedua dan seterusnya jika ingin memberikan hak kepada user reseller lainnya.

Untuk pengamanan, diusahakan agar reseller anda hanya mengaktifkan USE, UNBLOCK dan GREP. Sangat tidak disarankan untuk mengaktifkan ALLOW atau DENY.


No comments yet.

Leave a Comment